5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Akan Memasang Billboard

posted in: Artikel | 0

Billboard adalah salah satu jenis outdoor advertising yang paling banyak digunakan oleh para pemasar dan juga brand untuk mempromosikan produk maupun ketika ada yang spesial dan yang baru.

Lalu apa sulitnya memasang iklan pada media yang berukuran besar, ditempatkan di titik yang strategis dan dilalui banyak orang, dengan tulisan dan juga gambar yang jelas. Pasti pesan iklan Anda akan tersampaikan dengan efektif, bukan?

Sayangnya ada hal-hal yang mesti diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membuat iklan dengan media billboard.

Karena jika dilakukan secara sembarangan maka hasilnya adalah iklan yang tidak fokus, branding yang gagal, dan yang pasti iklan hanya akan dilewatkan begitu saja tanpa menimbulkan kesan.

Kesalahan-kesalahan berikut umum dilakukan oleh para pemasar ketika membuat iklan billboard.

1. Menggunakan Terlalu Banyak Kata

Tantangan yang paling berat dalam membuat iklan outdoor advertising adalah menemukan copywriting yang tepat.

Slogan apa yang harus dimasukkan, informasi atau pesan apa yang bisa tersampaikan dengan baik. Sayangnya tantangan ini seringkali gagal untuk dilewati dengan sukses dan berujung pada penggunaan jumlah kata yang terlalu banyak.

Anda tidak punya banyak waktu untuk menarik perhatian audiens, kata-kata yang berjumlah lebih dari 10 akan terlalu sulit untuk dibaca audiens sambil lewat. Jika belum menemukan rangkaian kata yang tepat ada baiknya tunda dulu bikin billboard agar tidak banyak buang uang.

Contoh penggunaan kata yang terlalu banyak pada sebuah billboard.

2. Desain yang Berantakan

Untuk memanfaatkan bidang billboard yang luas, banyak yang berusaha memasukkan sebanyak mungkin elemen ke dalam iklan sehingga hasilnya bisa membingungkan.

Perhatikan bahwa audiens untuk billboard kebanyakan adalah mereka yang sedang jalan kaki atau berkendara dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam.

Jadi untuk melihat billboard dengan terlalu banyak elemen akan membuat audiens sulit untuk menangkap maksud dari iklan tersebut.

Hindari memasukkan terlalu banyak gambar, kurangi jumlah teks yang ingin ditampilkan, gunakan warna yang kontras, perbesar ukuran teks agar bisa terbaca dari jauh lebih jelas.

3. Pesan Iklan yang Tidak Fokus

Banyak pemasar yang memperlakukan billboard sebagai satu-satunya media iklan yang bisa digunakan.

Hasilnya, semua yang menjadi keunggulan produk atau brand berusaha untuk dimasukkan dalam satu media dengan ruang yang terbatas.

Kembali ke poin sebelumnya terlalu banyak memasukkan elemen ke dalam satu iklan akan membuat audiens kesulitan untuk menangkap pesan dari iklan yang sebenarnya.

Sebaiknya pilih satu topik yang ingin disampaikan dalam satu media, akan ada banyak kesempatan lainnya serta media iklan lain yang bisa mendukung iklan billboard Anda.

4. Billboard Bukanlah Brosur!

Jika Anda menggunakan brosur sebagai salah satu media iklan yang disebarkan kepada audiens dan target konsumen, Anda bebas memasukkan beragam informasi mulai dari spesifikasi produk, nomor kontak yang bisa dihubungi, alamat tempat usaha, dan sebagainya.

Tapi tidak demikian halnya dengan billboard. Desain iklan pada billboard lebih simpel lebih baik. Bahkan banyak brand yang hanya menggunakan satu foto besar dengan kata yang tidak lebih dari 6 buah, atau hanya berupa tulisan dengan font yang besar tanpa banyak basa basi.

Anda juga bisa membuat billboard hanya dengan memuat alamat situs atau akun media sosial sehingga bagi audiens yang membukanya bisa mendapatkan info lengkap mengenai usaha atau produk Anda melalui internet.

Billboard bukanlah brosur, hanya cantumkan pesan yang penting saja, tidak perlu semuanya.

5. Melakukan Semua Prosesnya Sendiri

Membuat iklan untuk dipasang di billboard memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun investasi ini perlu untuk dilakukan demi keberlangsungan brand awareness yang lebih luas di kalangan konsumen. Demi menghemat biaya, kadang pemasar melakukan proses pembuatan iklan tanpa bantuan profesional.

Hasilnya desain terlihat seperti buatan amatir dan tidak memiliki nilai artistik seperti buatan profesional, pemasar pun harus berurusan dengan pajak pemasangan reklame, dan sebagainya.

Agar hasil iklan outdoor advertising Anda bisa terpasang dengan lebih bagus dan hasilnya terlihat seperti buatan profesional, serahkan pada Boss Reklame untuk membuatkan Anda papan billboard yang bisa dipasang di titik strategis.

Boss Reklame juga bisa membantu Anda untuk mengurus urusan perpajakan iklan dan juga hal-hal teknis lainnya termasuk perawatan agar billboard selalu dalam kondisi bagus.

Bagikan artikel