5 Poin Penting Sebelum Membuat Outdoor Advertising

posted in: Artikel | 0

Outdoor advertising adalah usaha promosi yang dilakukan melalui media yang ditampilkan di luar ruangan . Bisa berupa billboard, neon sign, neon box, 3D letter, maupun media lainnya.

Sekilas memang nampak mahal karena biaya untuk membuat iklan outdoor memang tidak murah jika dibandingkan dengan biaya untuk membuat media iklan yang lain baik media cetak maupun media internet.

Namun dengan memasang iklan outdoor, akan ada lebih banyak orang yang tahu mengenai brand maupun usaha dan produk Anda, iklan bisa dilihat oleh segala macam kalangan dari segala macam usia sehingga dari segi exposure iklan yang dipasang outdoor lebih banyak dilihat orang dibandingkan dengan media lainnya.

Tapi jangan buru-buru dulu. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat outdoor advertising.

1. Objek yang Ingin Ditargetkan

Setiap iklan memiliki objektivitasnya sendiri. Ada yang dibuat untuk memperkenalkan produk yang baru, ada yang dibuat agar partisipasi konsumen lebih aktif sebagai bentuk interaksi dengan brand, meningkatkan brand awareness, atau sekedar ingin mengarahkan lebih banyak pengunjung ke toko Anda.

Bisa juga ada lebih dari satu objek dalam satu iklan tapi keduanya harus digabungkan dengan strategi periklanan yang masak dan dilakukan bersama dengan profesional.

Objek dari iklan yang ingin dibuat nantinya akan berkaitan secara khusus dengan desain iklan dan juga termasuk dana yang dibutuhkan karena berhubungan pula dengan bentuk outdoor advertising yang ingin digunakan.

2. Siapa Target Audiensnya?

Iklan yang ditujukan untuk ibu rumah tangga di atas usia 30 tahun dengan iklan yang ditujukan untuk anak remaja tentunya memiliki pendekatan yang berbeda.

Masing-masing kategori usia juga bisa jadi memberikan reaksi yang berbeda pada sebuah iklan yang sama.

Tentukan siapa yang jadi target Anda kemudian buat iklan berdasarkan target tersebut. Intonasi iklan, pesan yang disampaikan, bahkan hingga model yang digunakan untuk foto iklan pun harus menyesuaikan dengan kategori audiens yang ingin disasar.

Oleh karena itu Anda harus memiliki pemahaman mengenai perilaku dan tren yang berkembang di antara konsumen bisnis Anda.

Apakah ini saatnya untuk beriklan dengan nada bercanda, dengan nada yang serius, atau sekarang adalah saat yang tepat untuk memberikan pesan yang mengandung moral dan inspirasi?

3. Desain yang Simpel Tapi Eye-catching

Iklan outdoor advertising nantinya harus bisa menyita perhatian dari audiens dan bisa mempertahankan perhatian tersebut setidaknya selama beberapa detik sampai pesan di iklan habis terbaca.

Pesan iklan yang pendek, langsung ke inti pesannya, namun diolah dengan kata-kata yang berkesan kuat adalah trik pemasaran iklan yang efektif.

Sebagai tambahan Anda bisa mencantumkan halaman situs atau landing page atau akun media sosial dari brand Anda agar audiens yang lihat iklan bisa masuk ke halaman tersebut dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari yang ditampilkan di billboard.

Dengan begitu outdoor advertising maupun indoor advertising bisa berjalan seiringan dan saling mendukung untuk hasil pemasaran yang maksimal.

4. Tambahkan Fitur Teknologi

Mencantumkan alamat situs atau akun media sosial ke iklan outdoor advertising bisa jadi cara Anda untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen melalui media internet. Namun untuk melakukannya berarti audiens harus mengetik alamatnya secara manual.

Dengan memasang QR code pada iklan outdoor Anda bisa memberikan kemudahan bagi para audiens untuk masuk ke landing page yang mengandung informasi lengkap yang ingin Anda berikan kepada konsumen.

Audiens hanya cukup mengarahkan pemindai yang sudah ada di smartphone-nya dan akan langsung diarahkan ke landing page tertentu.

5. Lokasi Penempatan Iklan

Tentu saja, faktor penting yang tidak boleh diabaikan adalah memilih lokasi untuk memasang iklan outdoor advertising.

Iklan berupa papan reklame yang berukuran besar biasanya diletakkan di titik-titik yang memiliki keramaian tinggi misalnya di persimpangan jalan, di pusat keramaian, dan area umum lainnya.

Sedangkan media yang lebih kecil seperti poster, banner, neon box, neon sign, dan media outdoor advertising lainnya bisa ditempatkan di tempat yang lebih spesifik sesuai dengan target audiens dan juga objektivitas dari iklan.

Untuk mendapatkan lokasi terbaik penempatan outdoor advertising yang strategis, Anda bisa menghubungi Boss Reklame di nomor kontak yang sudah tersedia.

Bagikan artikel