6 Tips Agar Pesan Iklan Outdoor Lebih Mudah Tersampaikan

posted in: Artikel | 0

Outdoor advertising masih dianggap sebagai metode periklanan yang cukup efektif di era jaman sekarang.

Anda bisa lihat buktinya di pinggir jalan dan di pusat-pusat keramaian, dimana papan-papan reklame berbagai macam ukuran dan desain masih bisa ditemukan dengan mudah.

Billboard masih menjadi/neon box masih menjadi primadona outdoor advertising.

Bahkan beberapa titik ikonik di dunia seperti misalnya persimpangan di Shibuya Jepang, casino strip di Las Vegas, Times Square di New York, menunjukkan bahwa media periklanan outdoor masih signifikan untuk meningkaktkan brand awareness apapun produknya.

Jadi Anda sudah punya ide yang cemerlang untuk membuat iklan reklame, berikut adalah cara untuk mengaplikasikan ide tersebut dalam bentuk visual yang lebih menarik dan efektif.

1. Teks yang Pendek

Pastikan iklan Anda bisa dilihat orang secara utuh dalam waktu kurang dari tiga detik. Makanya jangan gunakan teks yang panjang dan terlalu rumit karena sebagian besar orang enggan untuk berhenti dan membaca tulisan iklan sampai dari awal sampai akhir.

Sebaiknya potong narasi atau slogan iklan tidak lebih dari 7 kata namun pilih kata-kata yang meninggalkan kesan kuat dan bisa menyampaikan pesan iklan dengan baik. Anda mungkin akan membutuhkan bantuan seorang copywriter untuk menemukan rangkaian slogan yang bagus.

2. Ukuran Teks yang Jelas

Makin besar papan reklame atau bidang media promosi yang Anda gunakan maka makin besar ukuran tulisannya.

Setidaknya ukuran tulisan memiliki tinggi satu meter terutama jika papan iklan yang akan dipasang memiliki tinggi dari 10 meter. Tulisan dengan ukuran yang besar akan memudahkan audiens untuk membaca tulisan bahkan dari kejauhan.

Dengan demikian jangkauan audiens yang bisa dicapai iklan outdoor advertising bisa lebih banyak impresinya. Selain ukuran teks, tebalkan pula lebar setiap huruf, apa yang terlihat jelas dari dekat belum tentu terlihat jelas dari jarak 10 meter.

3. Tidak Ada “White Space Rule”

White space rule merupakan prinsip dalam desain di mana biasanya antar elemen baik itu gambar, teks, grafis maupun elemen visual lainnya memiliki jarak tertentu satu sama lain termasuk dengan bagian tepinya.

Jarak yang tidak disentuh dengan elemen desain apapun ini biasanya berfungsi untuk menekankan bagian yang paling penting pada sebuah karya desain.

Namun prinsip ini tidak berlaku untuk outdoor advertising dimana Anda justru harus bisa memanfaatkan ruang sebaik mungkin agar pesan iklan bisa tersampaikan dengan baik dan memberikan kesan yang kuat kepada audiens.

Pesan pada iklan harus mudah diserap oleh konsumen dengan cepat, apalagi saat berkendara.

4. Gunakan Warna yang Berani dan Kontras

Gunakan warna yang langsung menarik perhatian audiens, jangan takut untuk menggunakan warna yang non pastel namun tetap harmonis dan serasi dengan elemen desain iklan yang lainnya.

Menggunakan warna yang kontras akan memudahkan orang untuk melihat iklan bahkan pada suasana yang minim cahaya. Banyak papan reklame yang dilengkapi dengan lampu untuk penerangan di malam hari tapi ada juga yang tidak.

Jadi jika Anda ingin memilih papan reklame yang tidak dilengkapi dengan lampu atau jauh dari lampu jalan, setidaknya tulisan bisa terlihat lebih jelas karena warna yang terlihat lebih jelas.

5. Desain yang Lebih Ringkas

Ide iklan untuk outdoor advertising yang sudah Anda siapkan dan menurut Anda tepat untuk menarik perhatian para audiens bisa kabur maknanya jika desain iklan memiliki terlalu banyak elemen sehingga audiens tidak bisa fokus pada pesan kunci yang ingin disampaikan.

Buat desain yang lebih simpel, jangan gunakan terlalu banyak warna, jangan gunakan terlalu banyak gambar, membuat iklan dengan gambar yang besar dan teks yang singkat justru akan bisa lebih jelas dan to the point di mata audiens.

6. Cek Visibilitasnya

Lakukan eksperimen untuk menemukan desain outdoor advertising yang paling tepat sesuai dengan hasil pengamatan.

Buat iklan dengan desain yang sudah Anda miliki sekarang, kemudian pasang pada papan reklame dan lihat dari jarak yang agak jauh selama 5 detik. Bisakah Anda menangkap maksud dari iklan tersebut, apakah tulisannya bisa terbaca dengan jelas?

Jika masih belum sesuai, pada kampanye iklan berikutnya Anda bisa membuat desain yang lebih sesuai dengan poin-poin kelemahan iklan sebelumnya. Boss Reklame bisa jadi andalan Anda untuk membuat outdoor advertising sesuai dengan keinginan Anda.

Bagikan artikel