Bagaimana Cara Agar Iklan Anda Dilirik Banyak Orang?

posted in: Artikel | 0

Outdoor advertising adalah salah satu metode periklanan dan promosi yang paling lama dilakukan oleh manusia dan bahkan hingga sekarang masih dianggap sebagai media promosi yang efektif untuk menjaring konsumen.

Papan iklan yang dipasang di luar baik itu berupa billboard, neon box, signage, teks berjalan, dan masih banyak lagi lainnya jika dilakukan secara efektif bisa memberikan dampak branding kepada konsumen yang kuat.

Tantangannya, iklan yang dipasang harus bersaing dengan iklan-iklan outdoor lainnya sehingga bagaimana iklan Anda bisa mendapatkan perhatian dari traffic manusia adalah kuncinya. Berikut adalah beberapa tips memasang outdoor advertising untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

1. Tempatkan di Traffic yang Tinggi

Titik penempatan outdoor ads dengan lalu lintas manusia yang tinggi biasanya akan memiliki biaya yang juga lebih tinggi.

Anda mungkin lebih tertarik untuk menempatkan iklan di tempat yang lebih sepi sehingga biaya iklan lebih murah.

Tapi makin banyak iklan Anda dilihat orang tentunya akan makin luas pesan iklan Anda tersampaikan. Untuk pemasangan iklan yang lebih tertarget Anda bisa memilih tempat pemasangan iklan yang memiliki lalu lintas target konsumen yang lebih tinggi.

Misalnya jika target konsumen Anda adalah anak muda di bawah usia 30 tahun maka cari tempat iklan outdoor di area kampus atau area yang jadi tempat kumpul orang-orang di cakupan usia tersebut.

2. Kompetitor Bisa Jadi Inspirasi

Lihat apa yang kompetitor Anda lakukan karena iklan yang mereka pasang bisa jadi inspirasi untuk membuat iklan yang witty, menggelitik, dan tentunya menarik perhatian dari audiens.

Tapi hati-hati, jangan sampai iklan Anda secara terang-terangan menantang kompetitor karena hasilnya justru bisa berbalik arah kepada Anda.

Seperti yang dilakukan oleh Audi untuk mempromosikan mobil terbarunya dengan slogan “Your move BMW” yang kemudian dibalas oleh BMW mempromosikan mobil keluaran baru dengan slogan “Checkmate”. Menurut Anda, siapa yang unggul dalam perang tersebut di mata audiens?

Beberapa advertising memiliki sifat interaktif dengan orang yang ada di sekitarnya.

3. Jangan Terlalu Panjang

Anda hanya punya waktu beberapa detik untuk menyampaikan isi pesan dari iklan outdoor yang dipasang jadi jangan benamkan informasi tulisan sebanyak mungkin karena kemungkinan orang yang lewat tidak punya waktu sebanyak itu untuk berhenti dan membaca.

Foto yang ditampilkan bisa jaid informasi yang cukup sebenarnya jadi tidak perlu disampaikan kembali dalam bentuk tulisan.

Tren outdoor ads jaman sekarang bahkan tidak menyebutkan merk atau brand dari produk, hanya terdiri dari beberapa kata saja, mengajukan pertanyaan menggelitik kepada audiens, dan cara-cara unik lainnya. Makin unik iklan Anda makin penasaran orang dengan brand yang Anda promosikan.

4. Gabung dengan Indoor Advertising

Anda mungkin sudah mengeluarkan dana investasi yang cukup banyak untuk membuat outdoor advertising tapi sayangnya perjuangan untuk promosi tidak cukup sampai di sini.

Hanya mengandalkan iklan billboard saja belum cukup untuk membawa lebih banyak konsumen masuk ke tempat usaha Anda.

Ikuti dengan metode iklan yang lainnya seperti misalnya dengan memanfaatkan media cetak yang bisa disebar, memanfaatkan media elektronik seperti radio atau bahkan televisi, mengirimkan surel kepada audiens, dan juga memanfaatkan internet marketing yang makin memiliki dampak signifikan untuk era digital ini.

Anda bahkan bisa memanfaatkan media outdoor advertising untuk mendukung internet marketing yang Anda lakukan.

Misalnya dengan memasang iklan dengan mencantumkan alamat situs atau media sosial dari brand. Atau mengajak audiens untuk masuk ke halaman situs atau landing page untuk meningkatkan online traffic.

Semakin kreatif sebuah advertising, maka semakin mudah pesannya diingat siapa saja.

5. Pilih Jasa Outdoor Advertising yang Tepat

Yang tidak kalah penting untuk menjadikan iklan Anda jadi lebih efektif adalah memilih jasa outdoor advertising yang bisa membuatkan iklan terbaik untuk Anda pasang di titik yang strategis.

Seperti yang ditawarkan oleh Boss Reklame, dimana Anda bisa membuat outdoor advertising dengan berbagai macam pilihan bentuk mulai dari billboard standar hingga videotron yang tentunya bisa membuat brand atau produk Anda tampak memiliki kualitas visual yang lebih menggugah audiens, dan biasanya ditempatkan di mana audiens bisa memperhatikan isi iklan dari awal sampai habis.

Bagikan artikel