Videotron Yang Efektif Untuk Menyampaikan Pesan Atau Iklan Kepada Masyarakat

posted in: Promo & News | 0

Videotron sering juga disebut sebagai digital Billboard atau Billboard elektronik. Videotron sendiri sejenis dengan billboard, hanya berbeda formatnya saja. Videotron menggunakan format audio video. Videotron merupakan sebuah televisi besar berukuran 2 X 4 meter. Layar videotron terbuat dari sekian banyak susunan lampu-lampu LED (Light Emitting Diode) dan memiliki warna yang sangat banyak sehingga gambar yang dihasilkan seperti gambar yang sering kita lihat di televisi.
Billboard elektronik (videotron) merupakan media luar ruang yang berbentuk display atau digital yang berfungsi untuk melengkapi kekurangan papan reklame. Billboard elektronik dapat menayangkan banyak iklan sekaligus sehingga tidak memakan tempat. Disamping itu, materi iklan dapat diganti dalam waktu singkat, tampilan iklan lebih meriah, bergerak dan tidak monoton. Dengan menggunakan Billboard elektronik tayangan iklan menjadi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi dilapangan. Dengan adanya media luar ruangan ini perusahaan dapat mempromosikan produknya lebih luas tanpa dibatasi waktu dengan sasaran jangkauan yang lebih luas serta mengenai banyak kalangan.

Seberapa Efektif?

1. Waktu efektif untuk media dan iklan videotron

Waktu kerja videotron mulai dari pukul 06-00 pagi hingga 24.00 malam adalah waktu yang efektif, karena setelah waktu itu keadaan jalan kosong dan tidak ada pengendara yang lalu lalang melintasi jalan terebut. Namun jika mengacu pada tingkat kepadatan jumlah kendaraan di jalan raya yaitu berkisar pukul 07-00 hingga 09.00 pagi. Dimana pada saat tersebut pengendara jalan bersama-sama untuk menuju tempat aktivitasnya masing-masing sehingga volume kendaraan yang melintas pada saat itu meningkat hingga dua kali lipat. Selain di pagi hari, hal ini juga terjadi pada waktu sore hari berkisar pukul 04-06 sore, dimana saat pengendara ingin kembali ke rumah masing-masing setalah beraktivitas.

2. Tahap-tahap penayangan iklan pada videotron

  • Client memberikan materi iklannya yang bersifat mentah (belum diolah) kepada pihak media
  • Konten iklan tersebut diolah menjadi bentuk video dengan format file (.mov)
  • Persetujuan kepada client sebelum ditampilkan di videotron
  • Setelah video disetujui klien, pihak media akan segera memasukan video tersebut ke videotron menggunakan computer server
  • video siap untuk ditampikan.

3. Durasi iklan pada videotron

Durasi terpanjang iklan pada media videotron maksimal menggunakan durasi 30 detik, sedangkan untuk durasi terpendek minimal 15 detik. Hal ini diperhitungkan bahwa pengendara berhenti atau berada di dekat videotron paling lama 30 detik, kemudian melanjutkan perjalanannya. Durasi iklan ini juga dibuat singkat agar memastikan ketersampaian keseluruhan pesan kepada pengguna jalan.

Hal inilah yang membuat videotron menjadi efektif baik dari segi pengiklan juga bagi pengguna. Hal itulah yang menjadi daya tarik bagi pengiklan karena media teknologi dalam hal promosi di luar ruang merupakan sesuatu yang baru dan inovatif. Oleh karena media ini dapat menampilkan beberapa jenis iklan gambar maupun video dalam satu media. Sehingga tidak dipungkiri masyarakat dalam melihat videotron, dapat menyaksikan satu atau dua jenis informasi iklan sekaligus secara bergantian. Dan pada akhirnya dari segi lingkunganpun dapat meminimalisir iklan-iklan berbasis cetak pada media luar ruang yang dapat menimbulkan sampah-sampah visual.

Bagikan artikel